Rabu, 03 Juli 2013

E- Commerce

Pengertian Electronic Commerce (E-Commerce)



- E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson)
- E-commerce berhubungan dengan penjualan, periklanan, dan pemesanan produk yang semuanya dikerjakan melalui internet. (Gary Coulter & John Buddemeir)
- Kemampuan untuk melakukan bisnis secara elektronik melalui komputer, Fax, telepondsb. (Donna Perry)

Sejarah E-Commerce



Diawal tahun 1970-an dimulai penerapan Electronic Commerce (ecommerce), yaitu dengan adanya Electronic Found Transfer (EFT). Saat itu, tingkat penggunaannya masih terbatas pada perusahaan besar, lembaga keuangan, dan beberapa perusahaan kecil. Kemudian dikenal Electronik

Data Interchange(EDI), yang berkembang dari transaksi keuangan ke pemprosesan transaksi lain. Jumlah perusahaan yang ikut serta menjadi lebih banyak, mulai dari lembaga keuangan sampai perusahaan manufaktur, layanan dan sebagainya. Aplikasi lain kemudian muncul, memiliki jangkauan dari perdagangan saham hingga sistem reservasi perjalanan, aplikasi ini disebut aplikasi telekomunikasi.(M N Fuady, 2008, Artikel)

Kemudian pada tahun 1990-an komersialisasi di internet mulai berkembang pesat, maka muncullah istilah baru Electronic Commerce atau lebih dikenal e-commerce . Berkembangnya teknologi tersebut disebabkan karena perkembangan jaringan, software, persaingan yang meningkat dan berbagai tekanan bisnis. Riset center e-commerce di Texas University menganalisa 2000 perusahaan yang online di internet, sektor yang tumbuh paling cepat adalah e-commerce, naik sampai 72% dari $99,8 Milyar menjadi $171,5 Milyar. Di tahun 2006 pendapatan di Internet telah mencapai angka triliunan dollar (Wahyu Sajati, 2009, Artikel).


Jenis - Jenis E-Commerce



- Business to Business (B2B): E-commerce tipe ini meliputi transaksi antar organisasi yang dilakukan di Electronic market.
- Business to Costumer (B2C):Merupakan transaksi eceran dengan pembeli perorangan.
- Customer to Customer (C2C):Konsumen menjual secara langsung ke konsumen lain. Atau mengiklankan jasa pribadi di Internet.
- Customer to Business (C2B):Perseorangan yang menjual produk/layanan ke organisasi, perseorangan yang mencari penjual, berinteraksi dan menyepakati suatu transaksi.


Kelebihan E-Commerce



- Otomatisasi, menggantikan proses manual
- Integrasi, meningkatkan efisiensi & efektifitas proses
- Publikasi, memberikan jasa promosi & komunikasi atas produk & jasa yang dipasarkan
- Interaksi, pertukaran data/informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan “human error”
- Transaksi, kesepakatan antara 2 pihak untuk melakukan transaksi yg melibatkan institusi lain.

Kekurangan E-Commerce



- Perlunya keahlian komputer
- Biaya tambahan untuk mengakses internet
- Biaya peralatan komputer
- Risiko bocornya privasi dan data pribadi
- Berkurangnya waktu untuk berinteraksi secara langsung dengan orang lain






Web yang akan saya jadikan contoh dalam e-bussines dan e-commerce adalah http://www.yes24.co.id/ 

Sejarah Singkat Perusahaan

Yes24 Indonesia ini merupakan anak perusahaan dari Yes24 yang ada di korea selatan. Didirikan dengan nama PT.Hansae Yes24 Indonesia pada 14 April 2011. Dirikan Oleh Ms. Yoo Nam Sil dengan modal awal $ 1.200.000. Jumlah karyawan hingga saat ini diperkirakan sekitar 30 orang. Kantor perusahaan ini ada di alamat Cyber 2 Building 29th Floor Unit D. Jl.H.R.Rasuna Said Block X-5 Kav.13 Jakarta 12950 .
Dibawah ini merupakan perjalan PT.Hansae semenjak didirikan di Korea Selatan
2011Pendirian YES24 INDONESIA
2010Pendirian YES24 VIETNAM
2009Pendirian anak perusahaan resmi
2007Pendirian kantor cabang resmi di Kamboja (Cambo Hansae CO., LTD)
2006Pendirian kantor cabang resmi kedua di Indonesia (PT. Hansae Karawang Indonesia)
2005Pendirian kantor cabang resmi di Guatemala (Hansae Guatemala S.A.)
Pendirian kantor cabang resmi di Indonesia (PT. Hansae Indonesia Utama)
Pendirian kantor cabang resmi kedua di Vietnam (Hansae TN CO., LTD)
2004Pendirian kantor cabang resmi di Cina (Qingdao Hansae CO., LTD)
2003Toko buku online YES24 terbesar di Korea
2001Pendirian kantor cabang resmi di Vietnam (Hansae Vietnam CO., LTD)
2000Mendapat penghargaan dari Korea Stock Exchange
1998Pengambil-alihan resmi Esperanza S.A. - Nikaragua
1996Pendirian kantor cabang resmi tambahan di luar negeri (American Pacific Textile, Inc.)
1993Terdaftar di KOSDAQ
1991Pengambil-alihan kantor cabang resmi di luar negeri (New Star Corporation)
1987Pengoperasian kantor cabang resmi di luar negeri (KyungSuh CO., LTD.)
1982Pendirian PT. Hansae

Visi dan Misi Perusahaan


Sistem Penjualan

Sistem Penjualan yang dipakai Website ini adalah Penjualan Pre-Order dan Beberapa barang ready stock. Penjualannya adalah antara Perusahaan terhadap customer (B2C). Hampir semua barang merupakan barang impor langsung dari korea, hanya ada beberapa barang yang berasal dari indonesia. pembayaran dilakukan melalui transaksi antar bank.


Kelebihan 

Kelebihan Website ini bergitu banyak, interface yang bersahabat. Begitu banyak promo, diskon dan berbagai event dimiliki oleh website ini. Menggunakan banyak bank untuk pembayaran sehingga memudahkan customer. Barang yang ditawarkan begitu lengkap.Terdapat Hot-line di jam kerja sehingga memudahkan customer yang kesulitan melakukan transaksi


Kekurangan

Kekurangan website ini adalah karena sistem penjualan ada yang pre-order jadi butuh waktu untuk pengiriman barang.



Analisis Website 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar